Imitating Someone

Sadar gak sadar, kalo diperhatiin, tulisanku kok mirip tulisan seseorang ya? Maksudnya tulisan tangan, gitu.. Bukan gaya menulis atau selera tulisan. Iya.. lama-lama kalo diamatin kok beberapa hurufnya sama seperti tulisan orang lain. Caraku menulis huruf  ‘A’ dan ‘B’ misalnya. Aku amati kok beda ya sekarang dengan dulu? Baik kapital atau huruf kecilnya. Terus juga caraku menyambung huruf ‘T’ dan ‘A’ . Lalu huruf ‘g’ yang dulu terjuntai dibawah garis sekarang malah kayak angka 9. Banyak juga huruf lainnya. Kenapa ya?

Temenku yang lulusan psikologi UGM pernah bilang kalo semakin kita deket dengan seseorang maka secara alami kita akan meniru orang itu. Kita bisa tiru gaya bicaranya, cara berpakaiannya, macem-macem deh.. Aku aja ampe gak nyadar kalo ternyata ada temenku – yang sekost sama aku, temen di kantor juga, yang hampir setiap hari berangkat dan pulang kantor bareng aku- yang meniru gayaku berbicara! Itupun aku akhirnya tau dari temenku yang anak psikologi tadi.

Kembali ke tulisan tanganku. Lalu tulisan tangan siapa ya yang ku tiru? Melihat contoh temenku tadi, dia berhasil meniru gaya bicaraku karena sering bersama aku, melihat dan mendengar kalo aku bicara. Kalo gitu tulisan siapa ya yang sering aku baca belakangan ini?

Eh, iya ya.. apa bener belakangan ini atau sebenernya dah dari dulu tapi akunya yang gak nyadar. Awalnya mungkin karena terbiasa membaca tulisan, melihat paragraf demi paragraf, mengamati kalimat demi kalimat, memperhatikan kata demi kata dan akhirnya merekam huruf demi huruf! Iyakah begitu yang terjadi?

Btw, temenku yang pernah meniru gaya bicaraku itu sekarang kayaknya udah mulai gak lagi deh. Itu kalo aku perhatiin loh.. Lagian lucu juga kali ya kalo ngeliat gaya bicara kita dilakukan oleh orang lain. Nah lo.. itu kenapa lagi? Kalo dia bisa lepas dari “pengaruhku”, terus gimana juga caranya supaya aku bisa kembali ke gaya menulisku yang dulu?

Tinggalkan Balasan

