Ih, kamu mirid deh sama….

Dari kecil aku sering mendengar orang berkata seperti itu yang ditujukan buatku. ” Kamu mirip deh sama si ini… Kamu mirip deh sama si itu…”. Waktu kecil aku gak terlalu mikirin amat, sekarang juga sih. Tapi setelah kuperhatikan kok lucu ya? Apanya yang lucu?

Begini.. waktu aku masih SD aku dibilang mirip Sridevi. Ituloh bintang film India yang ngetop di era 80-an. Dulu rambutku panjang dan agak sering dikepang. Kata mereka itu yang buat mirip. Kayaknya siapa aja bisa deh asal punya rambut panjang dan dikepang. Lagian anak kecil kok dah bisa dimirip-niripin sama orang dewasa gitu sih? Ternyata lagi mereka bilang matadan warna kulitku yang makin buat mirip. Halah.. kan cuma liat Sridevi dari tipi kok bisa menilai kayak gitu ya? Aku juga suka nonton film India dan tau Sridevi. Tapi waktu itu dan sekarang juga aku gak bisa melihat persamaan antara kami. Itu dari luar negeri. Dari produk lokal ada juga loh.. tau gak seeeh? Aku waktu kecil dibilang mirip Novia Kolopaking!! Gara-garanya juga karena mata, kulit dan rambut kami yang dikata orang sama. Lagian juga waktu itu serial Siti Nurbaya lagi diputer jadi makinlah mereka mirip-miripin aku gitu…

Waktu SMP beda lagi. Aku dibilang mirip Tamara. Waktu aku cerita ini sama temen kantorku, ada yang protes. Kok bisa??? Hey, tunggu dulu! Pasti ngira Tamara Blezynski yak? Salah… Tamara Geraldine! Itu karena kecerewetanku. Dan mungkin juga gaya dan body gestureku kalo lagi bicara. Katanya mirip Tamara kalo lagi ngomong. Anehnya yang temen paling sering ngomong itu tuh menurutku wajahnya paling mirip sama Tamara Geraldine. Putih, cantih dan gak kalah cerewetnya.

Waktu SMA aku bukanlah anak yang berasal dari kalangan populer yang dikenal seluruh sekolah. Mungkin itu juga kenapa aku gak nemuin seorangpun mirip-mirpin aku lagi dengan siapapun. Hahahah, dasar… Ngeles aja!!

Beda jaman beda lagi obyek kemiripannya. Sewaktu kuliah dan mau KKN aku sengaja potong rambut. Hal itu kulakukan karena kau denger dari DPL kalo daerah KKNku susah air. Ya udah, mending punya rambut pendek biar irit air, irit sampu dan irit uang! Gak ada temen-temenku yang tau karena aku potong rambut sehari sebelum keberangkatan. Temen-temen satu lokasi aja paka kaget kok. Pokoknya kau jadi kayak manusia baru gitu deh di tempat KKN. Mulai pengalaman baru bersama teman-teman baru dan dengan potongan rambut yang baru juga. Kayak iklan sampo sekarang yang mendorong wanita untuk berani memotong rambutnya dan sambut perubahan yang terjadi. Kalo iklan sampo itu dah ada dulu kayaknya aku cocok deh tuh jadi bintangnya! Hahahah…

Nah, sepulang dari KKN beberapa teman (dan akhirnya buanyaaaaak) bilang aku mirip Nirina! What?!! Cuma gara-gara potongan rambut aja? Kata mereka ya karena potongan rambutnya yang sama. Tau gak seeeh? Aku aja gak tau gimana potongan rambut si Nirina waktu itu. Secara selama 2 bulan gak bisa liat tipi dengan normal. Boro-boro deh aku tau potongan rambutnya. Lagian kan 2 bulan itu rambutku dah memanjang. Jadi agak kesel juga dituduh sembarangan niru-niru Nirina. Hahahaha… ada-ada aja deh mereka. Tapi lama-lama dibawa asik aja deh.. Oh, kata mereka juga kecerewetanku yang bikin tambah mirip. Oke deh prenz.. Whatever you said deh…🙂
Dah mulai bisa lihat letak kelucuannya? Belom? Nih.. aku kasih tau yak. Sedari kecil aku selalu dimirip-miripin sama orang yang dah gede-gede. Tahun makin nambah kenapa sekarang terbalik? Aku malah dimiripin sama anak-anak yang lebih muda dari aku. Paling baru itu tau gak? Aku dibilang mirip sama Mytha Mamamia! Yang bilang tuh awalnya istri teman kantorku. tapi kemudian ada lagi temanku yang lain yang bilang itu. Aku selidiki istri temenku itu gak mungkin kenal sama temenku yang lain ini. Duh.. apanya sih yang mirip? Potongan rambut lagi? Setelah dari KKN itu sampe sekarang aku emang selalu potong pendek rambut dan gak tau juga kalo ternyata nyamain siapa-siapa. Heheheheh…. Dan setelah kuingat-ingat.. awalnya selalu aku yang potong rambut dulu terus baru dibilang mirip siapalah. Jangan-jangan karena kebiasaanku yang bilang potong pendek terserah sama mas dan mbak potong rambutnya yak? Jadinya mereka buat model rambut yang lagi ngetrend. Walah…!

Pasti ada hal lain yang bikin aku dibilang mirip sama semua orang-orang tadi selain dari potongan dan gaya rambut aja. Karena dah keseringan aku pun melihat siapa-siapa aja mereka yang dibilang mirip aku (hehehe, gak kebalik?). Buatku gak masalah. Itu kan spontanitasnya temen-temen aja yang bilang dan mirip-miripin. Dan aku lihat selama ini masih positif-positif aja. Sedari awal aku jadi belajar untuk semakin menjadi orang yang genuine. Jadi orang yang tetap menjadi diri sendiri dan gak niru-niru orang lain. Aseli dan otentik. Cuma ada satu di dunia. Lebih lagi tetap menjadi diri disaat gak ada orang lain yang melihat. Eh, jadi inget buku yang judulnya Who You Are When No One’s Looking. Gimana jadi orang yang tetap menjaga integritas di saat-saat yang sulit dan gak ada orang lain yang memperhatikan. Asik kan?

Itu dia yang bikin aku tambah semangat. Biarpun mau dimiripin sama siapapun aku harus dan akan tetap menjadi diri sendiri. Gak tau deh nih nanti siapa korban berikutnya yang dibilang mirip sama aku.. Hihihihihi🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s