Grace Alone

PD pagi ini dibuka dengan nyayian yang udah agak lama gak dinyanyiin bareng, yaitu Grace Alone. Aku suka banget sama liriknya…

Grace Alone

C      Am7    C      G
Every promise we can make
C      Am7        F       G
Every prayer and step of faith
C      G    F     C
Every difference we can make
G        F      G
Is only by His grace.
C     Am7     C        G
Every mountain we will climb
C     Am7     F       G
Every ray of hope we shine
C      G    F   C
Every blessing left behind
F    G      C
Is only by His grace
C     F                  C
Grace alone Which God supplies
C          F        G        C
Strength unknown He will provide
C         F        Em7    Am7
Christ in us, our cornerstone
C       Am7           C     G C
We will go  forth in grace alone.

C     Am7     C       G
Every soul we long to reach
C      Am7      F       G
Every heart we hope to teach
C      G   F   C
Everywhere we share His peace
G        F      G
Is only by His grace.
C      Am7    C       G
Every loving word we say
C      Am7     F     G
Every tear we wipe away
C      G   F   C
Every sorrow turned to praise
F    G      C
Is only by His grace. 
©1998 Maranatha! Music.
Words and Music by Scott Wesley Brown, Jeff Nelson
http://www.higherpraise.com/Lyrics4/GraceAlone.htm

Gak tau yah.. tiap kali mendengar lagu ini hati selalu tergetar.. jadi pengen nangis… hiks.. Semua kata2 yg ada di dalamnya tuh menggambarkan dengan tepat apa yang pernah, sedang dan yang mungkin akan aku alami.Dan semua itu hanya karena kasih karunia Tuhan Yesus aja..

Selanjutnya kita membuka 1Kor 15:10:

Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukanya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.

Lalu perenungan dilanjutkan dengan pertanyaan berikut: “Jikalau Saudara setuju bahwa pekerjaan yang Saudara terima sekarang ini adalah karena kasih karunia Tuhan, maka….” Kita diminta mengisi titik-titik yang ada. Mungkin maksudnya sih menolong perenungan tapi kok ya jadi malah bikin tambah berat ya..?? hahaha… Mana katanya jawabannya gak usah yang terlalu berfilosofi pula.. Siapa bilang merenung itu ringan? kalo ringan mah bengong namanya.. Aku bilang kalo kayak gitu kenapa gak disms aja pertanyaannya semalam sebelumnya. Eh ada temen yang nyeletuk kenapa gak seminggu sebelumnya?? hahaha!

Akhirnya semua menjawab dan inilah ringkasan jawabannya:

Jikalau Saudara setuju bahwa pekerjaan yang Saudara terima sekarang ini adalah karena kasih karunia Tuhan, maka….

– aku akan mengerjakannya dalam kasih karunia Tuhan juga

– aku tidak boleh menyia-nyiakannya

– aku akan mengerjakannya dengan rasa syukur kepada Tuhan

– aku akan bekerja dengan baik

– (setelah sempet pass dan kemudian balik lagi..) aku melihat dan mengerjakan pekerjaan ini untuk Tuhan bukan unutk manusia

– aku akan mengerjakannya dengan sikap kasih pada Tuhan.

– aku akan mengerjakannya dengan bertanggung jawab (ada 2 jawaban yang hampir sama dengan ini)

– aku akan mengerjakannya sampai selesai

– masih ada 3 jawaban lain yang agak panjang dan lebar..

Iyah…!! Dalam menyambut minggu baru di tengah bulan di tahun 2010 ini… aku dibawa untuk semakin menghayati bahwa hidup ini adalah karena kasih karunia. Kalo pun masih boleh kerja sekarang ini juga karena kasih karunia. Aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, itu juga karena kasih karunia (jadi inget lirik lagu Because You Loved Me..).

Seperti yang berkali-kali aku terus ingatkan pada diriku sendiri…karena aku hidup karena kasih karunia maka hiduplah dalam kasih karunia. Tidak berada di luarnya. Juga hiduplah dengan kasih karunia terhadap sesama, meski itu susah (susah banget malahan… beneran!)

Grace Alone.

Tinggalkan Balasan

