Anywhere but JOGJA

Apakah tanda ini terpampang di atas setiap peta Jogja?

Aku pikir mungkin itu yang ada dalam benak para pengambil keputusan dari beberapa maskapai penerbangan asing saat mereka menghentikan sementara penerbangan ke dan dari bandara Soetta.

Oh c’mon,,,

Lihat akibatnya sekarang dan kemarin2. Banyak calon penumpang yang akhirnya terlantar. Aku sedikit tahu tentang bahayanya si debu vulkanik terhadap mesin pesawat. Tapi….. itu kalau mereka memang akan ke Jogja, lha kenapa mereka malah tutup yg ke Jakarta? Apakah debu yg sampe ke Jakarta separah yg di Jogja?

Kalo Adi Sucipto yg tutup memang sangat bisa ku maklumi, walau memang dampaknya juga merepotkan beberapa teman yang akhirnya batal terbang. Pilihan transportasi seperti kereta api dan bus akhirnya diambil. Waktu lihat di koran, foto orang2 yg pd liat monitor penunjuk ketersediaan bangku di loket reservasi kereta api, aku jd inget pernah kayak gitu. Tapi bukan dalam suasana seperti ini. Intinya, sangat tidak menyenangkan. Tapi apa mau dikata? Perjalanan harus tetap dilakukan, bagaimanapun caranya.

Anywhere but Jogja. Jangan2 itu juga yg menjadi alasan orang2 untuk membatalkan kedatangan ke Jogja. Denger berita angka pariwisata menurun akibat meletusnya Merapi. Liat liputan Borobudur, terkagum-kagum. Semua tertutup oleh debu sampai setebal 5cm. Dilihat dari atas, aku membayangkan Borobudur seperti waktu pertama kali ditemukan dan sedang dalam masa penggalian. Mengerikan tapi indah.

Ada juga temen yang bilang, nantinya pariwisata akan kembali normal lagi, bahkan akan menjadi lebih baik karena ada banyak hal lagi yang menjadi obyek untuk dilihat, termasuk peninggalan2 dari letusan Merapi. Tapi sekarang, jangan deh ke Jogja. Itu mungkin yg ada dalam benak mereka yg gak mau ke Jogja.

Yah, mari kita tunggu bagaimana semua ini nanti akan berlalu.. Dalam doa dan tindakan menantikan Jogja yang kembali berhati nyaman.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s