Siapa Yang Paling Setia?

“Tulis dulu, menurut kalian siapa Tuhan itu buat kalian?”

Itu pertanyaan yang diajukan Inang Pendeta di waktu PA Remaja hari Minggu lalu. Bukan pertanyaan yang sulit buatku. Segera ku tulis di kertas susunan lagu dengan spidol warna merah: Tuhan adalah Allah yang setia. Deus el fiel.

Iya. Tuhan itu bagiku adalah Allah yang setia. Dari sejak kecil aku terus merasakannya. SD, SMP, SMA, kuliah bahkan sampai udah bekerja sekarang. Dia tidak berubah. Dia tetap Allah yang sama sejak dan sepanjang masa-masa itu.

Kesetiaan-Nya tidak hanya Dia nyatakan melalui pemberian. Pemberian-Nya adalah salah satu yang sungguh aku nikmati. Kejutan-kejutan indah dan menyenangkan selalu menghiasi waktu-waktuku. Tapi kesetiaan-Nya sangat Dia tunjukkan dengan keberadaan-Nya. Dia tidak pernah berubah. Dia tetap selalu di sana. Stay the same. Same faithful Lord, Savior, Friend, Counselor, Father. Walaupun aku berubah, meyimpang, pergi… Dia tetap.

Dia setia bukan karena aku pernah mengalami ketidaksetiaan. Bahkan saat aku akhirnya merasakan sakitnya akibat dari ketidaksetiaan, sudah terlebih dahulu aku merasakan indahnya kesetiaan yang Dia berikan. Jadi boleh ku katakan, Dia setia dan tetap setia bahkan saat manusia tidak setia. Manusia lain terhadapku atau bahkan aku sendiri terhadap Dia. Berarti Dia merasakan sakit, bahkan jauh lebih perih saat aku tidak berlaku setia pada-Nya. Ya, ampunilah aku…

Mengapa kini ada orang yang berkata bahwa dia juga melihat bahwa aku setia? Dalam hal apa? Bagaimana? Apakah karena Allah adalah setia maka kemudia aku pun jadi mengikut setia? Orang itu mengatakan IMAGO DEI. Kita ini gambarannya Allah. Maka lahirkanlah cerminan Allah itu dalam dan melalui hidup kita. Apakah itu sebabnya? Dan itu yang terlihat oleh orang lain?

Aku tidak tahu. Namun ku tahu yang ku percaya. Tuhan itu adalah Allah yang setia buatku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s