Everyday I Love You

 

 

Beberapa orang menyombongkan diri karena merasa dirinya penuh kasih. Kerap kali kita keliru menggolongkan kasih sebagai “natural affection [kasih sayang alami]” (lihat Roma 1:31 dan 2 Timotius 3:3). Namun demikian, kasih sayang alami hanyalah salah satu dari beberapa jenis tiruan kasih yang dapat dinyatakan oleh orang-orang yang dikuasai Roh Kudus. Berbagai tindakan kasih dapat kita lakukan bagi orangtua atau anak, saudara sekandung, tetangga, atau sahabat, tak lebih dari sebuah kebiasaan atau karena kebetulan kita senang denagn hal yang dilakukan tersebut. Kita tidak dapat mengukur pertumbuhan keserupaan dengan Kristus melalui perubahan kasih seperti ini.

Tiruan kasih yang mirip dengan itu adalah kasih “aku akan mengasihimu jika kau mengasihiku.” Kasih seperti ini tidak bersumber pada komitmen untuk mengasihi, atau kerinduan untuk menjadi serupa dengan Kristus, tetapi hanya berbagi kasih quid pro quo [saling memberi dan menerima].

Lalu, ada tiruan kasih lainnya, yaitu kasih yang tak seimbang. Kasih semacam ini tidak memperlakukan seseorang secara utuh, sebagai kesatuan tubuh dan jiwa yang sama-sama memiliki kebutuihan mendasar.

 

Sumber:

Buku: Spiritual Check-Up, 10 Pertanyaan untuk Memeriksa Kesehatan Rohani Anda

Pengarang: Donald S. Whitney

Web: http://www.glorianet.org/katalis/detilbuku.php?idbuku=14&kategori=KB000004

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s