Joshua Chapter 18-21

Semakin mendekati akhir kitab semakin seru. Ada beberapa temuan dari  pasal ini.

Pertama, Yos 18: 3-4. Disitu Yosua bilang: “berapa lama lagi kamu bermalas-malas, sehingga tidak pergi menduduki negeri yang telah diberikan kepadamu oleh TUHAN, allah nenek moyangmu? Ajukanlah tiga orang dari tiap-tiap suku; maka aku akan menyuruh mereka, supaya mereka bersiap untuk menjelajahi negeri itu, mencatat keadaannya, sekadar milik pusaka masing-masing, kemudian kembali kepadaku..”

Coba, Tuhan emang udah janji memberikan tanah Kanaan kepada bangsa Israel, tetapi bangsa itupun harus mengambil bagian untuk mendudukinya, gak lantas males2an. Gile aje ya mereka..Aku bayangin mereka udah pada santai2 sehingga Yosua gemes dan bilang kata2 di atas. bayangin kalo abis menyerang sebuah kota/ daerahm setelah pertempuran dimenangkan lalu dibiarin begitu aja tanpa kota/ daerah itu dikuasai dan diduduki. Gimana sih… aku juga heran sama mereka.

Tapi ternyata, aku juga kadang kayak gitu. Udah tau dan yakin bahwa Tuhan akan memberikan sesuatu lalu aku jadi bermalas2an aja, tidak berusaha “menduduki” daerah2 yang sudah Tuhan berikan padaku. Hmm… Da..Da… Btw, Ito Nandar tadi bilang, jangan2 3 orang dari tiap suku yang diutus untuk menjelajahi negeri itu adalah para lulusan geografi semua.. Haha! Iya juga kali ya,,,mereka tuh orang2 dari Badan Pertanahan Negara kalo jaman sekarang. Tugasnya nguku2 tanah, perhatikan kontur, de el el untuk kemudia membagi2 tanah tersbut kepada suku2 yang belum punya tanah pusaka.

Kedua, Yos 19: 51.  Sadar gak sih, selalu ada imam Eleazar yang menyertai Yosua dalam perjalanan memimpin bangsa Israel. Menrenungkan: Apakah aku punya teman seperti itu? Teman yang mengingatkan, tidak gila hormat, punya hati gembala, menjadi penolong, penengah.. Kalau sudah ada, apakah aku sudah dengan senagaj meminta pertolongannya untuk mendampingiku sepanjang perjalananku? Kalau belum, bagaimana aku bisa memilikinya? Dan….. apakah aku juga sudah nmenjadi teman yang demikian?

Ketiga, dari pasal 20. Kota-kota perlindungan sengaja disediakan Tuhan. Hmm, masih ada loh teritori seperti itu di dalam sebuah suku, aku pernah baca. Siapa saja yang memasuki teritori itu maka akan aman dari segala bentuk pertanggungjawaban atas dosanya. Tadi tidak dibahas lebih dalam dan ak ujuga belum sempat mempelajari lebih lanjut.

Keempat, dari Yosua 21:45, “..dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi.” Allah mana seperti Allahku (TIDAK ADA)… Tuhan mana seperti Tuhanku (TIDAK ADA)!

2 tanggapan untuk “Joshua Chapter 18-21”

  1. 🙂 thanks dear.. Dah lama juga kamu gak mampir kasih koment. Iya tuh, lagi bareng2 baca Yosua. In purpose jadi bacanya gimanaaaa gitu.. Sebenernya ada banyak temuan lain dari temen2 tapi akunya yang memuat semua.. Hmm… saking banyaknya kadang jadi overload..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s