Kangen Mama

Mama kemaren nelpon.. padahal aku baru saja merindukannya… sekarang aku juga jadi kangen… pingin pulang dan bareng2 mama di sana… sudah hampir 12 tahun meninggalkan rumah sejak SMA.. dan itu mengubah banyak hal.. termasuk merubah hubunganku dengan mama…

Pernah suatu malam aku merenung.. hal apa yang aku syukuri di tahun 2011.. dan itu membawaku pada kilasan hal2 apa saja yang terjadi yang pernah aku doakan dan patut aku syukuri… salah satunya aku teringat pada perubahan sikap mama…

Satu hal yang dulu pernah aku doakan adalah agar mama suatu hari nanti minta maaf padaku…  karena satu hal aku ingin mendengar itu dari mama… dan itu benar2 terjadi di tahun 2011.. dan aku bersyukur untuk itu..

Lalu kemarin saat mama telepon, ternyata mama telepon sambil belanja di warung.. ada percakapan pembeli dan penjual yang terdengar olehku… gak masalah buatku hanya sedikit bingung awalnya.. Telepon terputus sejenak lalu disambung lagi setelah mama sudah dekat pagar rumah.. mama telepon lagi hanya karena mama minta maaf tadi udah nelepon dan buat aku bingung dengan percakapan di warung tadi..

Sesuatu yang tidak perlu menurutku.. tapi entah kenapa dia melakukannya…

Waktu itu mama ke warung karena cari bahan buat bikin soto… aku  jadi ingat mama waktu libur Natal kemaren sempet2nya bikin bakwan buat sarapan.. padahal aku baru aja bangun.. iya, tiap di rumah aku gak pernah bangun lebih pagi darinya.. sampai detik ini.. Dan mama sudah menggoreng bakwan di dapur..

Seingatku dulu mama jarang atau hampir gak pernah sengaja buat makanan jajanan seperti itu.. aku dan saudara2ku juga emang gak biasa jajan.. tetapi tiap aku pulang sekarang, yang tidak seberapa lama itu waktunya, mama selalu aja masak sesuatu yang sifatnya buat cemilan.. kalo gak masak ya beli.. padahal dulu mana pernah…

Apa karena pengaruh adek2 yang semakin gampang beli2 makanan karena sudah pada punya duit sendiri2 ya??

Aku kangen mama… walau kalo pulang juga jarang ngobrol sama mama.. abisnya kalo ngobrol pasti ujung2nya tentang 2 cowok itu: adekku dan calon suamiku.. hahahah… 2 pembicaraan yang dulu sangat membuatku ingin ditelan bumi saja.. sekarang? Gak gitu2 amat lagi lah.. sudah lebih bisa menikmati… walaupun belum bisa sepenuhnya terbebas…

Padahal aku berpikir bahwa aku ingin menikmati masa2ku sebelum menikah dengan pembicaraan yang selama ini terlewatkan antara aku dan mama.. bukan jatoh2nya membicaran ttg 2 cowok tadi.. you know, mother and daughter’s conversation.. apa? Memang 2 hal itu ya pembicaraannya? Oh..

Aku kangen mama.. walo sekarang kalo di ajak ngobrol juga sekarang mama kayak lebih banyak diam.. Entah karena topiknya gak nyambung atau karena apa..

Aku kangen mama.. gak cuma teh manis buatannya aja… tapi juga kehadirannya di sampingku kalo aku cerita..

Sekarang mama udah gak banyak perintah2 lagi kayak waktu aku kecil… padahal sekarang aku kangen hal2 itu… rasanya berbeda melakukan sesuatu karena aku tahu aku harus melakukannya dengan kalo yang suruh itu mama…  Sekarang kalo di rumah apa2 ya aku lakukan tanpa disuruh2.. kecuali sesuatu yang dipesankan.. tapi pekerjaan rumah yang dulu mesti dengan omelan dilakukan sekarang enggak lagi… padahal aku kangen masa2 itu… itu yang membuat rasanya aku gak pulang ke rumah.. hehehhe…

Sekarang Mama aku lihat dan rasakan sudah berubah… dan aku bersyukur… kami punya “proyek” yang sama untuk Ucok… Lord, have mercy on us…

Aku kangen mama… aku sayang mama… aku mau peluk dia lagi gak cuma pas aku datang, malam tahun baru dan pas aku mau balik Jogja… dan selebihnya yang bisa kulakukan adalah aku cuma bisa membayangkan aku memeluknya tiap kali aku merindukannya..

Tinggalkan Balasan

