Dare to Journey with Henri Nouwen: Mendengar

Berada di Tempat yang Tepat untuk Menemukan Arah Baru

Salah satu tantangan terbesar kita adalah menahan diri untuk tidak berbuat lebih banyak. Dan berdiam diri cukup lama sehingga kita bisa mengevaluasi kegiatan kita yang banyak itu. Kegiatan-kegiatan yang menarik perhatian dan kadang menghabiskan tenaga, tapi juga memberikan makna dan kepuasan kepada kita. Kegiatan-kegiatan yang bisa memberi kita rutinitas dan perasaan aman, tapi juga dapat membungkam “suara” teguran dan perubahan.

Kita harus sadar bahwa tidak semua tindakan kita yang banyak itu berguna. Kadang-kadang kita melakukannya tanpa berpikir. Kadang-kadang terpaksa. Kadang untuk melindungi diri. Kadang mendorong kita untuk terus bergerak padahal kita seharusnya diam — berdiam diri untuk mengevaluasi dan mendengar.

Jadi, tantangan yang jauh lebih besar adalah untuk tidak bertindak, tapi untuk berada di tempat di mana kita bisa mendengar; bukan untuk mendengar yang sudah biasa kita dengar, melainkan untuk mendengar kembali bagaimana pendapat Allah tentang arah hidup, prioritas dan kegiatan kita — dan mendengar lagi apa kata hati kita. Seringkali ini sangat sulit kita lakukan. Ini adalah pergumulan.

Nouwen menulis tentang bagaimana mendengarkan “secara seksama gerakan roh dan bergumul dengan pertanyaan ‘Bagaimana aku bisa setia mengikut Yesus?'” Ini merupakan pergumulan untuk mendengar apa yang tidak ingin kita dengar. Ini merupakan pencarian menuju keterbukaan yang mungkin menyebabkan hidup kita ditunggangbalikkan.

Kita harus mendengar hal-hal baru! Karena kita tidak bisa membiarkan diri kita terbawa pusaran kegiatan tanpa henti yang sebenarnya bukan bagian dari rencana Allah bagi hidup kita dan yang hanya akan membuat kita berhenti menyatakan kreativitas dan kehilangan pusat kepedulian kita.

Dikutip dari

Buku: Dare To Journey With Henri Nouwen, hal 18-19
Pengarang: Charles Ringma
Penerbit/Tahun: Pionir Jaya/2010
Info Produk: http://lilinkecil.com/product_info.php?products_id=1128&osCsid=f720ecc3541f305b89d0b438dad28691

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s