JUN SUN PARK’S “GLORIA”

Akhirnya, setelah kemarin sempat tertunda, pagi ini aku membulatkan tekad dengan membawa partitur dan mengetikkan kata demi kata dari lagu GLORIA. Orang harus berusaha untuk bisa kan? Kalau aku tidak mendapatkannya dari orang lain yang aku anggap bisa memberitahukan, maka aku masih punya 1001 cara lain untuk mengetahuinya.

Percobaan pertama kemarin, aku lupa bagian tengah lirik lagunya. Pagi ini sempat keliru ketik Qui tollis menjadi qutollis. Aku gak tau kalo itu terdiri dari dua kata sampai aku perhatiin lagi kertas lagu. Google Tranlater juga menyarankan pemisahan. Hahaha.. benar2 asisten yang baik! Nah, jadi semakin menguatkan dugaanku kalo yang benar itu qui tollis dan bukan qui toillis. Coba bayangkan, udah gak tau artinya salah pula ngucapin katanya.

(Eh, siapa bilang kalau gak tau artinya? Kamu aja kali Da yang lebay pengen tau…)

Haahaa…, baiklah.. aku terima itu.. Emang barangkali ada yang udah tau, bukannya gak mungkin kan? Tapi kok gak disampaikan kepada semua, huayo… Apa itu gak penting untuk diketahui bersama? Hmm.. jadi membayangkan, seandainya suatu saat nanti, sebelum keberangkatan, aku dapat kesempatan untuk berdiri di depan semua, sebelum terlambat, pingin aja share penemuan tidak-seberapa-tapi-penting-buatku ini..πŸ™‚

So, this is it!

……

Terjemahan itu belum mengalami penyuntingan apapun. Aku hanya ketik kata2 yang ada di partitur. Tidak semua bagian yang diulang2 aku tulis. Kapital juga kuikuti berdasarkan apa kata partitur. Awalnya coba langsung diterjemahkan dalam bahasa Indonesia tapi kok jadi aneh… Akhirnya aku pilih Inggris aja. Google Translete juga ternyata gak konsisten. Ada bagian yang sebenernya sama tapi diterjemahkan berbeda. Tapi intinya tetep dapet kok.

Dan aku pun terdiam saat tahu arti dari lagu ini. So deep, so beautiful. So pure, so wonderful. Gimana ya.. dari kalimat pertamanya aja udah berupa pernyataan, pengakuan, pengagungan atas siapa Tuhan. Dan itu tertata dengan indah dari susunan not yang membangunnya. Nada tinggi yang menggambarkan kata-kata yang ingin disampaikan. Jelas, posisi-Nya lah yang tertinggi dan suara kami tidak akan pernah dapat mencapainya. Bersahutan, dari wanita selanjutnya disusul suara pria. Agung. Megah. Indah.

Sampai di bagian tengah, solis… Itu berisi permohonan. Humming semakin menambah syahdu doa yang dipanjatkan. Iya, secara umum aku melihat, keseluruhan isi lagu ini tuh seperti doa. Ada bagian2 yang kalau kita ngerti apa artinya, maka kita bisa membawakannya juga dengan benar. Notasi masih perlu dtingkatkan tetapi penghayatan yang perlu mulai dibangun.

Bagian akhir, kembali pengagungan. Kepada Tritunggal. Ditutup “Amen” yang menggelegar dan langsung putus di tengah. Merasakan ada efek dramatis di sana. Klimaks.

Hahahhahah…. gitu deh sekilas bayangin. Dari apa yang udah aku coba selama ini dalam menyanyikan lagu itu dan dari penemuan terbaru hari ini, aku berusaha merekonstruksi lagi bagaimana sebaiknya dalam membawakan lagu itu. Tentu tiap orang punya daya imajinasi dan interpretasi yang berbeda2. Aku mau belajar dari mereka yang punya lebih banyak pengetahuan dan pengalaman dalam hal ini. Karena lagu ini indah banget. Dengan nada yang gak biasa (Korean style, gitu loh!), not2 tinggi, perubahan dinamika di sana-sini.. dan terutama lirik lagu yang luar biasa!

Jadi membayangkan lagi bagaimana rasanya menyanyikan lagu dengan seluruh orang dari segala kamu, suku , bangsa dan bahasa.. Can’t hardly wait for that! Tapi sabar Da… latihan dulu dari sekarang. Hahahha….πŸ™‚

Satu tanggapan untuk “JUN SUN PARK’S “GLORIA””

Tinggalkan Balasan

