PX H-10. Selamat Jalan Kak Sonny…

Seorang kakak, sahabat, dan rekan kerja di ladang Tuhan yang setia dipanggil Tuhan pulang siang tadi. Kak Sonny Tunggamoro Putra. Kepergiannya yang mendadak membuat kami semua kaget. Kami lagi di tengah rapat. Begitu mendengar kabar yang disampaikan JOO kami semua terdiam. Tenggelam dalam perasaan kami masing2. Entah berapa lama kami dalam keadaan demikian, hingga JOO memecah keheningan dan mengajak kami semua berdoa. Dalam doa itulah pecah isak tangis kami.

Kak Sonny. Kakak yang aku kenal beberapa tahun lalu saat ikut pelatihan Cat and Dog Theology. Ramah, murah senyum, penuh semangat. Lantas dia kenal Kambium dan mulai menjadi orang yang begitu antusias untuk memakai dan menularkannya kepada makin banyak orang. Hal itu juga yang membuat kak Sonny sering kami undang untuk bersama2 melayani permintaan pelayanan Kambium di beberapa tempat. Kebersamaan kami berlanjut di Kairos. Hatinya yang menyala2 dalam hal pemuridan dan misi, terutama kepada suku-suku terabaikan sangat memberikan inspirasi. Cerita2 hidup yang dia bagi selama waktu2 pelayanan bersama juga turut menyegarkan. Bersama kak Magda, yang ku kenal kemudian, mereka berdua melayani Tuhan di tempat yang mungkin tidak akan dipilih oleh orang lain. Teladan ketaatan yang luar biasa pada Tuhan dari sepasang suami istri. Gak gampang, mereka juga bilang begitu. Banyak pengorbanan. Penuh kerendahan hati. Penyangkalan diri. Namun Tuhan melihat dan memperhitungkan itu semua. Kak Sonny tahu apa yang dilakukannya gak sia2 di mata Tuhan. Karenanya dia terus bersemangat melakukan pemuridan dan menjadi mobilisator misi di tempat dia melayani dan kemanapun dia pergi.

Rasanya seperti mimpi. Menyadari saat aku menulis sekarang, kak Sonny sudah tidak ada. Saat berdoa tadi terlintas bayangan di kepalaku bahwa dia ada bersama Yesus, melihat kami  dan tersenyum. Beberapa hari lalu di KFC, event yang dia sangat ingin ikuti tapi gak bisa, lagu penutup yang kami pilih adalah Find Us Faithful. Aku membayangkan dia menyanyikan lagu ini. Dan.. saat ini juga aku menulis sambil mendengarkan lagu dari MercyMe yang berjudul Homesick.

Dalam dia kami yang rasanya selamanya tadi, aku sempat membuka akun FB kak Sonny di bagian About. Satu hal mengenai kak Sonny yang dia tulis sendiri adalah: “I want to glorify God in all aspects of my life” Dalam doaku aku mengaminkan itu. Bersyukur dan memuji Tuhan karena boleh kenal kak Sonny dan melihat bagaimana kehidupannya, bahkan sampai akhirnya, dipakai Tuhan untuk membawa kemuliaan bagi nama-Nya. Tuhanku memang tidak terselami. Meskipun aku tahu alasan mengapa Tuhan panggil kak Sonny pulang, namun tidak mengurangi rasa kehilangan yang dalam. Kami berdoa untuk kak Magda sebagai orang terdekatnya. Kasih karunia dari Tuhan menaungi kak Magda dan keluarga. Kekuatan yang dari pada-Nya saja yang menjadi kekuatannya menjalani waktu2 ini. Tuhan setia dan gak akan meninggalkan orang yang dikasihi-Nya.

Kak Sonny sudah bersama dengan Tuhan Yesus. Tugasnya di dunia sudah selesai. Tentu kami semua ingin dia terus berada di sini, bersama2 mengerjakan apa yang selama ini kami kerjakan bersama2. Tapi Bapa di surga tahu yang terbaik bagi anak-anak-Nya. Dia juga tahu mana yang terbaik bagi kemuliaan-Nya. Dan itu yang boleh terjadi dalam kehidupan kak Sonny seperti yang dinyatakannya… I want to glorify God in all aspects of my life.

Sampai berjumpa di kekekalan nanti kak…

Satu tanggapan untuk “PX H-10. Selamat Jalan Kak Sonny…”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s