Selamat Jalan Nathanael…

Jika sekitar 3 minggu lalu aku mengucapkan selamat jalan kepada kak Sonny, kini aku mau mengucapkan selamat jalan yang sama kepada adik terkasih, Nathanael Santoso Setiawan.

Dia masih sangat belia. 2 bulan 23 hari. Lahir pada tanggal 20 April 2012 sebagai putra kedua dari Kak Johan dan Kak Silvi. Orangtua Nathan adalah teman, sahabat, sekaligus kakak yang sangat baik buatku.

Tidak banyak kenanganku bersama Nathan. Sejak dia lahir, dia sudah pernah dibawa main ke GG, tepatnya di Beranda Gloria lantai 1 dan itu pertama kali aku melihat senyum manisnya. Lalu pernah sekali lagi, di tempat yang sama dan kemudian pada akhir Juni, benar-benar 30 Juni. Saat itu kami datang ke rumah K’Jo untuk banyak agenda. Salah satunya adalah mengunjungi Nathan secara “resmi”, karena sejak dia lahir kami belum pernah kunjungi dia di rumah, tapi dia yang sudah dibawa ke kantor. Dan itu saat terakhirku melihatnya, hingga sampai hari ini tadi.

Nathan dipanggil pulang oleh Bapa hari Jumat kemarin, 13 Juli 2012. Hari ini (14/7) sudah diadakan ibadah tutup peti dan penghiburan. Besok, Minggu pagi (15/7) akan ada ibadah pemberangkatan menuju krematorium.

Dalam kata sambutannya tadi, k’Jo sempat mengatakan, belum dapat mengerti bagaimana Tuhan dimuliakan dalam kejadian ini. Jika Tuhan yang memberi, mengapa Tuhan juga mengambil secepat ini. Tiap orangtua pasti memiliki harapan dan tujuan bagi anaknya, demikian juga dengan k’Jo dan k’Sil terhadap Nathan. Apakah Nathan sudah memenuhi tujuan dan rancangan Tuhan untuk hidup di dunia dalam waktu sesingkat ini. Pertanyaan2 itu muncul dalam hati dan pikiran k’Jo. Dia juga mengatakan bahwa dia tidak bisa membuat Tuhan menjawab semua pertanyaan2 itu. Dia juga sadar bahwa waktu proses berduka yang sedang dijalaninya bersama keluarga tidak bisa dipaksakan untuk menjadi singkat.

Ahhhh, aku tidak akan dapat menyelami perasaan k’Jo dan k’Sil… tapi aku terus berdoa bagi pasangan ini dan bagi Sammy, kokonya Nathan. Juga bagi keluarga besar yang ditinggalkan.

Salah satu tante Nathan sekarang sedang berada di Pakistan. Dia sangat sedih tidak bisa datang ke Indonesia. Dia berterimakasih untuk beberapa foto yang sempat aku unggah. Perkembangan yang terjadi sejak kami menerima berita duka hingga ibadah tutup peti selesai terus kami usahakan untuk kabarkan kepada teman2 lain. Teman2 lain yang tidak bisa datang langsung untuk mendukung k’Jo dan k’Sil dapat mengetahui kabar terbaru dan mendoakan. Aku senang teman2 berespon dengan baik dan ikut mendoakan. Hanya kecil saja yang bisa kulakukan dan bersyukur itu dapat menjadi berkat.

K’ Jo, K’Sil, Sammy….Kami mengasihi kalian dengan apa yang bisa kami lakukan untuk bersama melalui proses ini. Kiranya Allah senantiasa dimuliakan dalam setiap proses yang kita alami bersama ini.

Untuk dede Nathan.. sampai jumpa di rumah Bapa!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s