Hey kamu yang di sana…

Kamu tahu? Meski rasanya menyakitkan, ada saat kita harus melepaskan sesuatu yang gak bisa kita genggam. Dan itu yang terjadi siang ini.. Kamu tahu rasanya membiarkan orang yang kita sayang kebingungan sendirian..? Satu sisi kita ingin menolongnya keluar dari kebingungan yang mengepungnya tapi di sisi lain kita harus sengaja membiarkannya menemukan sendiri jawabannya.. Kamu tahu kenapa? Karena aku gak punya jawabnya.

Selalu mendebarkan setiap kali aku diperhadapkan pada pertanyaan-pertanyaan tentangmu. Dulu aku kira aku bisa menjawabnya. Mengandalkan rasa sayangku padamu aku berusaha menjawab dan menenangkan mereka. Padahal akupun merasa bingung dan bertanya-tanya. Lambat laun aku sadar, jika kamu saja tidak bisa memberi jawab, bagaimana aku bisa? Tapi mereka selalu datang padaku. Aku sama sekali tidak dapat diandalkan untuk hal itu. Sungguh… Aku sudah melepaskan genggamanku.

Menurutmu apa yang harus aku lakukan? Diam? Menghindar? Acuh? Bahkan akupun bertanya sendiri tentangmu tapi tidak kepada mereka. Dan aku juga berhenti untuk bertanya tentangmu kepadamu sendiri. Kamu tahu itu juga kan? Apakah aku masih bertanya tentang apapun? Aku hanya menyampaikan apa yang aku rasakan dan pikirkan dan doakan tentangmu. Pun aku bertanya, aku bertanya pada Sang Mahatahu yang masih menyembunyikan segala sesuatunya dariku. Pertanyaanku saat ini cuma satu: “Bagaimana aku tahu DIA sudah ada dalam hatimu?”

But maybe knowing “I don’t know” is part of getting through. (You Know Better than I, OST Joseph King of Dreams)

Dan tadi akhirnya aku hanya bisa diam.. sambil berdoa agar dia yang di sana tidak hilang harapan dan terus percaya. Bukan cuma kamu yang ada di hatiku sekarang. Dia dan orang-orang yang mengasihimu. Kami. Kita. Semua. Proses ini harus kita jalani bersama. So, please…

Tinggalkan Balasan

