10 Alasan Merayakan Advent

Ada yang menulis 10 alasan kenapa kita merayakan Advent.. Silakan klik gambar untuk membaca tulisannya. Artikel dalam bahasa Inggris dan beberapa alasannya mungkin kurang kontekstual dengan budaya Indonesia, misal kita hanya kenal 12 Days of Christmas dari lagu ataupun film-film Barat tetapi mungkin tidak pernah mengetahui makna sesungguhnya dari hal itu. Sebenarnya 12 Days of Christmas atau 12 Masa Raya Natal itu ada loh, bukan hanya lagu atau legenda. Silakan klik di sini untuk mengetahunya.

Called To Worship

Buat yang kesulitan membuka link atau membaca dalam bahasa Inggris, atas seijin penulis artikel tersebut, berikut saya berikan artikel yang sama yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Semua link tautan yang ada sudah saya sertakan, termasuk link video klip (tetapi tidak tertampilkan). Sekali lagi, penulis dengan serius tapi santai berusaha menolong kita untuk selangkah lebih dekat dalam memahami Advent. Beberapa sumber berbahasa Indonesia juga pernah menuliskan mengenai Advent antara lain, yang artikelnya pernah saya baca, adalah dari blog Pdt Daniel Taruli Asi Harahap dan Gereja Katolik Santo Yakobus.

Terjemahan artikel Phil’s Top Ten Lists: Top 10 Reasons to Celebrate Advent
Penulis: pmershon

Thanks to Mr. Phil Mershon!😀

***

Daftar Top Ten Phil: 10 Alasan Merayakan Adven.

Jika Anda dibesarkan di luar gereja atau di jemaat injili yang sangat besar, ada kemungkinan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan Advent. Selama bertahun-tahun saya pikir Natal dan Advent itu identik. Tidak benar. Mereka tidak dapat dipisahkan, tapi mereka memainkan peran yang berbeda pada kalender gereja .

Untuk membantu Anda memikirkan kembali persiapan Advent Anda (dan untuk membantu Anda sedikit tertawa), saya mengembangkan 10 alasan utama untuk merayakan Advent. Bahkan jika Anda tidak mulai merayakan hari pertama Advent, saya mendorong Anda untuk memulainya:

 10 Alasan untuk merayakan Advent.

10. Advent membuat Natal sepertinya akan datang lebih cepat. Tidak seperti bangsa Israel, yang tidak tahu berapa lama sampai Yesus datang, kita bisa menghitung mundur hari Natal dengan antisipasi yang bertambah-tambah.
9. Advent membuat anak-anak berhenti bertanya, “Berapa lama lagi?”. Anda menjawab pertanyaan itu setiap hari. Pertanyaan berikutnya ?🙂
8. Di tengah-tengah Natal yang terlalu dikomersialkan, perayaan Advent harian membantu kita mengingat tujuan utama alasan sebenarnya kita membutuhkan kedatangan Yesus –kita adalah orang berdosa yang membutuhkan Juruselamat!
7. Advent memberi Anda alasan untuk membeli lilin ungu, pink dan putih yang keren untuk di rumah. Ayolah. Bagi Anda para pyromania (keinginan berlebihan untuk menyalakan api pada suatu benda) tahu bahwa Anda ingin salah satu pemantik keren dan alasan untuk menggunakannya!
6. Advent membawa keluarga Anda masuk lebih dalam pada Kitab Suci mengenai nubuat kelahiran Yesus, menyelamatkan Anda dari pandangan yang terlalu sentimental tentang Natal .
5. Advent mendahului 12 Days of Christmas. Betapa jauh lebih baik untuk bertukar hadiah selama 12 hari dan mengelorakan semangat Natal selama hampir dua minggu, tidak hanya sehari semalam? Oh, dan betapa lebih baik bagi jiwa kita untuk merenungkan realitas Immanuel (Tuhan beserta kita) selama 12 hari, bukan 1 hari saja.
4. Advent mempersiapkan pemimpin pujian untuk lebih banyak lagu-lagu dan musik Advent. Begini logikanya: Tidak ada lagu Advent cukup tersedia saat ini, kebanyakan lagu terlalu cepat menuju pada pesan Natal (saya tidak mengeluh tentang itu, kita perlu mendengar tentang Inkarnasi setiap hari). Tapi penulis lagu menulis untuk kebutuhan yang dirasakan (baik itu pribadi, masyarakat atau komersial). Jadi, jika lebih banyak gereja dan keluarga merayakan Advent, lebih banyak penulis lagu akan menulis lagu Advent dan ketersediaan lagu Adven kita semua akan jadi lebih banyak!🙂
3. Advent memastikan Anda membuat perencanaan matang untuk kedatangan anggota keluarga yang “sulit”. Jika Anda menghitung mundur 25 hari sampai Natal, Anda juga dapat mempersiapkan jam internal untuk kedatangan (dan keberangkatan ) dari “Sepupu Vinny” yang menyebalkan (silakan ganti nama “Sepupu Vinny” dengan kerabat yang menyulitkan buat Anda, saya bahkan tidak punya sepupu dengan nama itu). Hal ini juga memberikan Anda kesempatan untuk mengingatkan diri Anda akan Injil sebagaimana Anda bersiap-siap untuk menghabiskan saat-saat mencemaskan dengan “Vinny”.
2. Adven memberikan kesempatan setiap hari untuk menyanyikan lagu-lagu Advent dan Natal klasik. Hanya ada 4 hari Minggu selama Advent–hampir tidak cukup waktu untuk menyanyikan semua musik Natal indah yang tersedia. Perayaan Advent harian memungkinkan keluarga untuk mengembangkan apresiasi yang luas untuk musik Advent dan Natal yang tersedia di seluruh dunia dan sepanjang sejarah.

Dan alasan utama mengapa keluarga harus merayakan Advent setiap hari (dan tidak, saya tidak bisa mengakhiri ini dengan lelucon, meskipun saya benar-benar ingin …):

1. Advent memberi kita kesempatan untuk mengekspresikan syukur kepada Yesus untuk kedatangan-Nya yang pertama dan kerinduan tulus untuk kedatangan-Nya yang kedua. Immanuel telah datang untuk tinggal bersama kita. Kita semua berterima kasih atas kehadiran Roh Kudus yang menetap, tapi kita juga menggemakan perkataan Rasul Yohanes dalam Wahyu 22:20, “Amin. Datanglah, Tuhan Yesus!” Kedatangan-Nya akan membuat segalanya menjadi baik.

Baru-baru ini saya berbagi beberapa sumber untuk Advent di sini, tapi teman saya Bruce Benedict juga mengumpulkan daftar dari beberapa lagu Advent yang tidak begitu terkenal di sini. Bruce juga punya daftar lain lagu-lagu Advent yang bagus yang dapat Anda nyanyikan di sini, saya kemarin menyanyikan lagu Come Thou Long Expected Jesus gubahan Nathan Partain di ibadah dan sangat menolong dalam merefleksikan permohonan terdalam dari lirik lagu tersebut.

Gereja City Life di Boston juga memproduksi album Advent/ Natal yang layak untuk Anda cari. Judulnya simpel, “Christmas” oleh Castle Island Hymns.

Dan jika Anda mencari beberapa momen indah, silakan lihat video klip ini:  Carlson School of Management Flash Mob, Deck the Halls

Seseorang yang punya banyak waktu luang membuat ini: Christmas 2012 – THE DIGITAL STORY OF NATIVITY – (Christmas 2.0)

Akhirnya, ini versi unplugged dari How Suddenly a Baby Cries oleh Keith dan Kristyn GettyHow Suddenly a Baby Cries – from Joy! An Irish Christmas

Mengapa Anda merayakan Adven?

***

Hmmm….. Jadi ingat dengan adanya ibadah Advent di Pemuda HKBP. Pertama di tahun 2011 dan kemudian 2012. Bagaimana 2013 ini ya? Masih adakah yang  bingung dengan Advent? Atau bagaimana kalau ada yang buat tulisan 10 alasan kenapa kita tidak merayakan Advent?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s