Grup B: Australia

aust-MMAP-sm as-lgflag#prayfor Australia. Benua Australia. Grup B.

Pulau sekaligus benua ini merupakan tempat terkering di dunia, tetapi daerah bagian timur, tenggara, dan tepian barat daya beriklim sedang.

Australia mengalami banyak perubahan, yang membuat negara ini diliputi berbagai ketegangan. Beberapa hal yang dapat Anda doakan:
a. Peningkatan pluralisme dan sekularisasi yang agresif telah makin menguasai kehidupan masyarakat Australia. Negara ini dulunya dikenal sebagai negara Kristen, namun kini lebih dicirikan oleh keragaman agamanya yang sekuler, dan berbagai aturan hukum yang juga makin sekuler—terutama yang berkenaan dengan masalah seksualitas, agama, dan kekudusan hidup. Berdoalah supaya nilai-nilai Kristen tidak tersingkir, namun
sebaliknya, orang-orang Kristen justru dapat memengaruhi masyarakat sekuler dengan
cara yang positif dan relevan.
b. Banyaknya orang yang terus berimigrasi ke Australia membuat negara ini menjadi sebuah komunitas multibudaya, setidaknya di kota-kota besar. Sejumlah kelompok minoritas etnis dan agama bermunculan dan bertumbuh pesat, dan sebagai konsekuensinya, muncul pula berbagai masalah dalam hidup bersama. Situasi multibudaya memperkaya negeri ini dalam banyak hal sekaligus menjadi tantangan bagi mereka yang berharap dapat memelihara tradisi kekristenan dan/atau tradisi Anglo-Saxon negara ini.
c. Peran Australia sebagai penjaga perdamaian regional dan sebagai negara demokrasi yang stabil merupakan suatu berkat bagi banyak negara Pasifik dan Asia (Timor, Bougainville, Kepulauan Solomon, dan lain-lain). Syukur kepada Tuhan yang memberikan Australia kemampuan dan kesediaan untuk menolong penduduk wilayah lain. Berdoalah supaya peran ini akan sama-sama dijiwai oleh seluruh masyarakat Australia sekaligus dapat membangun stabilitas di wilayah negara-negara tetangganya. Sikap masyarakat terhadap para pengungsi dan pencari suaka saat ini tidak terlalu baik karena mereka harus terus-menerus menghadapi aliran pendatang yang masuk ke negara mereka.
d. Ekologi rentan yang dieksploitasi secara berlebihan, baik di perkotaan maupun pedesaan. Kondisi ekologi di Australia mungkin bisa dikatakan sebagai yang terapuh dibandingkan dengan benua mana pun. Kekeringan yang panjang, pemanfaatan lahan darat dan perairan yang terus bertambah, dan berbagai perkembangan yang dapat memperburuk kondisi lingkungan di masa mendatang harus ditangani. Bisa saja sumber daya alam di Australia luluh lantak meskipun masyarakat Australia dapat dikatakan sukses. Bagaimanapun juga, ruang lingkup serta komitmen dari pemerintah dan penduduk setempat dalam upaya melestarikan lingkungan di Australia patut diacungi jempol. Berdoalah agar mereka dikaruniai hikmat dalam pelestarian dan pengelolaan alam.

 

Sumber: Operation World.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s