I Can See Clearly Now

Aku suka banget lagu ini. Inget waktu kecil masa masih berjayanya televisi swasta satu-satunya, nungguin adanya lagu ini sebagai pengganti iklan yang waktu itu belum banyak. Gak ngerti semua kata-katanya, cuma tahu kalo maksudnya si penyanyi seneng bisa melihat matahari lagi, bisa melihat jelas. Haha! Padahal ternyata itu juga OST Cool Running, film yang aku suka juga. Ckckck.. kemane aje Da??

Cari-cari di Youtube, dapat videonya. Senang, jadi kayak kembali kayak dulu. Nonton TV, ngikutin video klipnya, sok-sok ngerti artinya, menikmati musiknya dan tentu ikut bergoyang.

Dan.. kenapa tiba2 juga pilih judul ini? Karena eh karena tadi pagi sewaktu siap2 mo berangkat ngantor, aku sempat berdoa begini: ” Tuhan, boleh ya minta hari ini ada matahari, sebentar aja.. Supaya pakaian kering dan temen yang mau nyuci bisa dapet tempat buat jemur…” Beberapa hari belakangan ini di Jogja emang sering banget ujan. Gak peduli pagi, siang, sore, malem, pokoknya kalo tu awan udah gak sanggup menahan ya ditumpahkan aja. Kadang rintik tapi lama banget. Kadang juga deras disertai petir, kilat dan guntur yang bergemuruh. Suaranya lebih hebat daripada sound system bioskop paling hebat yang ada. Nah, cucianku yang dari hari Minggu itu belom kering sampe kemaren. Sementara temen2 lain dah pada ngantri buat nyuci dan jemur, padahal areal penjemuran sempit. Hanya untuk alasan sesederhana itu aku berdoa. Hasilnya? Luar biasa! I really can see clearly now (because) the rain is gone.. 🙂

Kalo di filmnya sendiri, akhirnya aku juga bisa melihat keterkaitannya. Maklumlah, aku duluan liat video klip daripada filmnya. Lirik lagunya benar-benar cocok. Memberi semangat, mencerahkan. Saat sebelumnya awan gelap menghadang akhirnya langit terang datang. Itu juga yang dihadapi oleh tim dari Jamaika saat mereka mencoba untuk menaklukkan dinginnya salju dan sekaligus pandangan orang terhadap mereka. Film Cool Running memang diangkat dari kisah nyata sebuah tim olahraga bobsleigh Jamaika pertama yang berhasil menjadi juara di olimpiade musim dingin. Kalo di Indonesia itu mungkin bisa dibilang gerobak sodor kali yee. Kalo Wikipedia bilang “Bobsleigh atau gerobak luncur adalah olahraga musim dingin di mana tim yang terdiri dari dua atau empat orang menciptakan waktu melewati jalanan turun yang sempit, memutar, miring, dalam sebuah kereta luncur berkekuatan gravitasi, di atas lintasan yang terbuat dari es yang dikombinasikan untuk menghitung skor akhir.”

Jelas banyak banget kendala yang mereka hadapi. Yang paling terasa itu adalah perbedaan cuaca tempat perlombaan itu diadakan. Jelas banget mereka berasal dari daerah dengan iklim panas, sementara pertandingan diadakan di atas salju. Belum lagi pandangan dari orang-orang yang cenderung meremehkan mereka. Tapi, dengan kerjasama, kerja keras dan semangat pantang menyerah akhirnya mereka dapat melalui semua. They can see clearly..

Kayak tadi aku bilang, kata-kata dalam lagu ini penuh dengan kata-kata positif yang menyuntikkan semangat untuk bangkit, maju dan tetap optimis. Ini dia liriknya:

I can see clearly now, the rain is gone,
(Saya bisa melihat dengan jelas sekarang, hujan telah usai)
I can see all obstacles in my way
(Saya bisa melihat semua rintangan di hadapan saya)
Gone are the dark clouds that had me blind
(Awan gelap yang membutakan saya telah lenyap)
It’s gonna be a bright (bright), bright (bright)
(Akan ada terang, terang)
Sun-Shiny day.
(Hari yang cerah)

I think I can make it now, the pain is gone
(Saya bisa melakukannya sekarang, sakit itu telah pergi)
All of the bad feelings have disappeared
(Segala perasaan buruk telah lenyap)
Here is the rainbow I’ve been prayin for
(Pelangi yang telah saya doakan kini hadir)
It’s gonna be a bright (bright), bright (bright)
(Akan ada terang, terang)
Sun-Shiny day.
(Hari yang cerah)

Look all around, there’s nothin but blue skies
(Lihat sekitar, hanya ada langit biru)
Look straight ahead, nothin but blue skies
(Lihat lurus ke atas, hanya ada langit biru)

I can see clearly now, the rain is gone,
I can see all obstacles in my way
Gone are the dark clouds that had me blind
It’s gonna be a bright (bright), bright (bright)
Sun-Shiny day

taken from: http://www.stlyrics.com/lyrics/hardertheycome/icanseeclearlynow.htm

Hm… menambah ceria di awal bulan Maret!

 

Update (17/7/2017)

Ada yang googling mencari terjemahan dari lagu ini dan kira-kira itulah terjemahan bebasnya menurut versi saya.

 

Dari:

Inggris
â–Ľ

Ke:

Bahasa Indonesia
â–Ľ

Merjemahkan teks atau laman web

Terjemahan Inggris ke Bahasa Indonesia

Bobsleigh atau gerobak luncur adalah olahraga musim dingin di mana tim yang terdiri dari dua atau empat membuat timed berjalan turun sempit, memutar, miring, trek es di gravitasipowered kereta luncur yang dikombinasikan untuk menghitung skor akhir.

Tinggalkan komentar